Home

Minggu, 11 Juli 2010

Suatu saat aku ingin merantau (part 1)

Dari dulu udah pengen banget bisa ngerasain yang namanya merantau. Abiznya keliatan asyik banget sich, bisa jadi lebih mandiri gtu dah. Apalagi abis baca puisinya dari Imam Syafi'i yang tentang merantau gitu jadi kayak kesindir dah(baca di novel negeri 5 menara). Udah sejak SMA, aku planning entar kalo dah lulus SMA pengennya kuliah di luar kota trus ngekost gitu.
Udah mikir ngelanjutin kuliah kemana-mana gitu...

Yang pertama, dulu pengen lanjut di jurusan bioteknologinya IPB gara2nya aku abis ikut biotech camp yang diadain ma UBAYA dalam rangka perkenalan jurusan biteknologi pas SMA. Yah kan itu jurusan baru di Ubaya...wah pokoknya tuh pengalaman yang tak terlupakan dah. Udah gratis, bisnya AC, makannya enak2, villanya sip, yang ikut kebanyakan anak cina2 *hehe*, tak lupa ma prakteknya suip banget dah pokoknya...jadi kepikiran buat lanjut dijurusan satu ini apalagi aku suka biologi(dulunya sekarang udah nggak) ma kimia. Tapi gak dibolehin ma orang tua gara2ny jaoooh bgt tuh IPB di bogor sana haaaa padahal jurusan ini cuma ada dua lo di Indonesia...yang negeri ya IPB kalo swastanya Ubaya (tapi gak tau lagi sekarang)

Yang kedua, pengen nyoba di teknik nuklirnya UGM. Haaiiiizzzz aku milih ini cuma gara2 biar kelihatan sangar aja. Abiz namanya aja udah nuklir pasti yang dipelajari bakal mengejutkan hehe. Lah pas omong-omongan ma omku kalo aku mo lanjut kesana, ternyata omku dulu juga pengen lanjut kesana tapi diurungkan karena katanya harus nikah dulu trus punya anak jadi gak takut lagi kalo mandul. Aih-aih macam mana pula ini belum kuliah udah nikah trus punya anak -__-"a jadi akhirnya aku cari lagi tambatan hati yang lain.

Yang ketiga, gara2 gak nemu tambatan hati buat ngelanjutin kuliah jadi aku mikir kerjanya yang aku inginkan aja.Kan kerja juga berhubungan ma kuliah *meski gak selalu*. Karena banyak omku yang kerja di oil n gas dan kelihatannya masa depannya cerah2 jadi aku pengen kerja disana juga :D. Trus aku mikir buat ngelanjutin kuliah difakultas pertambangan dan perminyakannya ITB, satu-satunya di Indonesia. Tapi sayangnya keinginan itu lagi-lagi ditolak karena ITB=bandung=biaya hidup mahal. Wah alasan yang satu ini nih yang buat aku gak tega...ya udah aku milih yang lain

Yang keempat, karena aku masih pengen kerja di oil n gas company jadi aku mikir lagi jurusan apa ya yang berhubungan dengan ini. Haaaa jawabannya Teknik Kimia...hoho tepat sekali mumpung aku cinta ma kimia,suka ma matematika tapi agak ilfil ma fisika hoho. Jadi aku milih Teknik Kimianya UGM *sempet kepikiran tekimnya UI tp jauh dijakarta sono pasti gak boleh :x*, kan tempatnya dijogja jadi biaya hidupnya pasti agak miring gitu. Tapi untuk kesekian kalinya permintaanku ditolak...haaa jawabannya kebongkar udah kenapa pilihan2ku kuliah di luar kota ditolak. Ternyata aku gak boleh kuliah diluar kota -__-'a. Kata ortuku "Ngapain mesti diluar kota,la wong di Surabaya banyak yang bagus kok". Maklum gara2 statusku sebagai anak tunggal jadi orang tua tak rela melepaskan anak satu-satunya yang paling cantik ini *=P*

Yang kelima, akhirnya saya memilih Teknik Kimia ITS karena cuma itu yang ada di Surabaya. Akhirnya keputusan ini diterima dengan berat hati oleh orang tua karena sebenarnya mama gak setuju aku masuk teknik apalagi teknik kimia. yang paling aku inget kata2 mama tu,"Masuk teknik kimia?mau jadi yang ngaduk minyak tah?" hedeeeeh padahal kan kerjanya gak itu aja -__-"a. Mama pengennya aku jadi dokter, yang katanya anggunlah padahal aku paling males banget kalo disuruh ngapalin kata2 planet itu, apalagi bedah2 orang 2 tak bersalah jaaah...Trus kalo papa malah pengen aku masuk di Teknik Sipil biar ada yang ngelanjutin kayak papa. Males banget masuk situ cz udah bosen ngeliat&bantuin kerjaannya papa tiap hari. I want to try something new *ceileeh*.Untungnya ketrima soalnya gak tau lagi deh bakal ngelanjutin kuliah dimana kalo yang terakhir ini gak ketrima...udah capek nyari tambatan hati lagi :)

*sebenernya juga udah ketrima di STIS tapi gara2 jauh di Jakarta sono jadi ya tetep gak boleh padahal enaklooo udah gratis ikatan dinas lagi :( yah gakpapalah aku juga gak suka STIS :D

Karena misi kuliah diluar kota (merantau) tak terpenuhi, tapi harapan buat merantau akan selalu tersimpan dalam hati. Aku pengen mandiri, aku pengen buktiin gak selamanya anak tunggal itu manja.
Kadang juga mesti aku diskusiin ke orang tua tapi ya tetep aja aku kalah. Kata2 yang paling aku inget dari mamaku yang buat aku gak bisa ngomong apa2 lagi itu, "Ya udahlah, terimaen aja nasibmu jadi anak tunggal gini". Haiizzzz pernyataan apaan itu -__-"a

Next mission for "merantau": KP di luar pulau...hohoho selama 2 bulan di pulau orang. Pengennya di PT. Badak di Bontang, abisnya kata senior asyik gila gitu Kp di sana. Nah untuk hal yang satu ini pastinya ditentang abis ma orang tuaku...tapi kan masih ada kesempatan...selama kesempatan buat KP disana terbuka luas aku akan tetap berjuang biar ketrima hohoho. Masalah orang tua?itu hal lain,,,masih bisa dibicarakan lagi...
Sekarang sih berdoa aja moga bisa ketrima KP di sana dan moga dibolehin..menimba ilmu sekalian menyelesaikan misi untuk merantau Amien... m(--)m
(bersambung)

1 komentar: