Home

Sabtu, 31 Juli 2010

Dwilogi Andrea Hirata

Padang bulan & cinta dalam gelas

Nah ini novel terakhir yang aku pinjam dari Sa'ad. Novel dwilogi karya penulis terkenal, Andrea Hirata. Jadi 2 novel dalam satu buku. Hmm...menurutku cara marketing penjualan yang bagus. Jadikan orang2 pasti pada beli semua ceritanya :). Novel ini termasuk baru banget, masih cetakan pertama! Temenku seneng banget tuh bisa punya cetakan pertamanya. Ha tapi menurutku biasa aja, gak ada bedanya mau cetakan berapapun.

Pertama kali baca novelnya aku agak2 bingung. Isinya lebih menceritakan kehidupan orang2 di Bangka-Belitung dengan gaya sedikit melayu. Nah karena nama orang melayu aneh2 *maaf ^^v* jadi agak susah ngapalin nama lakon2nya...

Kalo menurutku sih nih novel kayak terusannya tetralogi Laskar Pelangi. Ceritanya pas ikal uda gede. Dari novel ini aku jadi ngerti maksudnya novel keempat Laskar Pelangi, Maryamah Karpov. Emang sih pertamanya agak gak jelas nih cerita alurnya kemana sih, tapi kalo kamu sabar bacanya ntar2 bakalan ngerti dan bakalan tertarik. Aku lebih suka yang novel kedua, Cinta dalam gelas, ceritanya lebih jelas dan alurnya bagus. Ampe cepet banget tuh aku baca novel keduanya. Kalo yang novel Padang Bulan itu kayak perkenalan lakon2nya gitu.

Novel karangan Andrea Hirata emang gak lepas dari budaya orang melayu. Dia menceritakan kebiasaan2 orang melayu secara detail tapi gak membosankan. Aku seneng bisa ngerti kebudayaan orang melayu yang beda ma kebudayaan orang jawa kayak aku. Menurutku kalo baca novel2 karangan Andrea Hirata itu kayak baca novel karangan sastrawan deh. Pemilihan kata2nya itulo kadang membingungkan tapi bagus banget. Gag nyangka padahal dia bukan lulusan sastra.

Novel ini sendiri bercerita tentang perjuangan hidup seseorang. Aku suka quotenya,"Berikan aku sesuatu yang susah, aku akan belajar". Quote ini bener2 tecermin dalam alur ceritanya. Pelaku utamanya, Enong ato Maryamah, punya semangat yang besar. Gak ada matinya meski keadaan tak berpihak kepadanya. Dengan semangat belajar dan kemauan yang besar akhirnya dia bisa melakukan apa yang tidak mungkin bagi seorang wanita melayu jadi mungkin. Dia bisa meraih apa yang diinginkannya.

Karena pertamanya aku gak bisa nebak alurnya kemana, jadi pas ngerti jadi mikir sendiri. Kok bisa ya dia kepikiran bikin novel kayak gini. Dari yang ndulang timah sampai permainan catur. Dari cinta kepada seseorang sampai karakteristik peminum kopi. Wah emang Andrea Hirata top bgt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar