Home

Jumat, 03 Juni 2011

Obrolan Masa Depan

Pas jalan-jalan sekeluarga bareng temennya mama (tante mer, red)...eh tiba-tiba tante Mer nyeletuk

Tante Mer :"Wi...ntar ta'doain kapan-kapan gini lagi yaaa...tapi yang nyetir Hilda. Ntar kamu yang telpon aku *udah mulai ngayal*

---> Khayalan tante Mer
Mama : "Eh bun...ayo jalan-jalan...nih mumpung Hilda ada seminggu di sini. Kemarin abis pulang dari Kalimantan. Ntar kamu tak jemput ma Hilda...Hilda yang nyetir bun".
Tante Mer : "Lo emang suaminya Hilda dimana, kok dia yang nyetir?"
Mama : " Ikuloh bun jek nak London e... ada kerjaan di sana....Jadi ya?"

Lantas semua tersenyum serta mengAmini....
Amin Ya Robb
Semoga bisa kayak gitu :))

Selasa, 31 Mei 2011

Impian Masa Depan: London di Malam Hari

Aku bergegas mengambil mantelku dan keluar apartemenku. Entahlah malam ini London begitu dingin padahal musim dingin telah berakhir. Perutku sudah meronta-ronta setelah seharian ini aku bergulat dengan tugas-tugas kampus yang begitu banyak. Biasanya aku makan di resto yang disediakan oleh apartemenku tapi kali ini perutku menolak makan disana. Sudah eneg rasanya makan makanan orang bule haha padahal sudah setahun aku disini tapi lidahku masih saja lidah Indonesia. Aku masih suka makan nasi. Ku rasa bukan suka lagi tapi suatu keharusan!

Ku kenakan headset kesayanganku dan kusetel lagu-lagu barat lama dari E63 yang sudah menemaniku selama hampir empat tahun ini. Aku berjalan sambil mendekap erat laptop kesayanganku menuju sebuah kafe bernama Depot Indonesia. Tak jauh, hanya terpisah beberapa blok dari apartemenku. Kafe yang dari judulnya sudah pasti menjual berbagai macam masakan Indonesia baru saja opening seminggu yang lalu. Hatiku senang bukan kepalang, rasanya rinduku akan tanah kelahiranku terobati. Maklum, sudah setahun ini aku dapat tugas belajar dari perusahaan tempatku bekerja. Sudah setahun juga aku tak bertemu orang-orang yang aku cintai di Indonesia.

Depot Indonesia, begitulah namanya. Begitu ku buka pintunya, terdengar bu Rina menyapaku dan aku tersenyum. Bu Rina adalah pemilik kafe ini. Karena seringnya aku makan disini, beliau jadi mengingat namaku apalagi kita sama-sama orang Indonesia yang berada di perantauan. Bu Rina sudah ku anggap seperti ibuku sendiri. Keramahannya mengingatkanku akan orang-orang Solo,Jogja. Aku langsung memesan soto Lamongan kesukaanku dan es sinom sebagai pelengkapnya. Hari ini kafe terlihat begitu ramai. Tak hanya orang Indonesia yang datang berkunjung tapi juga ada orang-orang bule. Lebih banyak malah. Aku memilih duduk di pojok ruangan. Selain karena sepi, ada stop kontak untuk laptop di sana dan pemandangannya pun langsung menuju jalanan kota London. Terdengar alunan lagu Changcuter dari pengeras suara yang tepat di atasku, entah aku lupa judulnya, yang pasti ada kata-kata London-londonnya. Hmm...suasana yang tepat sekali. Membuat sakit rinduku menjadi stadium empat. Langsung saja aku buka foto-foto dilaptopku. Melihat foto mama, papa dan aku diantara mereka berdua...mereka tersenyum. Oh ya ampun, pengen nangis rasanya. Ingin sekali aku memeluk mereka. Bagaimana ya keadaan mereka di sana saat ini. Sudah tiga minggu ini aku belum menelepon mereka lagi. Ingin rasanya menelpon mereka tapi uangku sudah menipis. Maklum sudah tanggal tua. Aku harus pintar-pintar menyimpan uang kalau gak mau jadi gelandangan di sini. Untuk sekali menelpon saja aku bisa menghabiskan ratusan ribu sedangkan uang dari perusahaanku hanya cukup untuk kuliah, makan dan beberapa kebutuhan hidup saja. Coba deh kalau orangtuaku bisa chatting pasti aku lebih ngirit pengeluaran telepon haha.... Yah begini deh kalau sudah rindu akut tapi kanker, aku hanya bisa melihat foto mereka. Jadi inget-inget awal-awal aku bisa sampai di sini. London...tak pernah aku membayangkan bisa tinggal di sini dan kuliah di sini. Semua berawal dari awal aku diterima di sebuah perusahaan oil and gas berskala internasional setelah aku lulus kuliah. Setelah bekerja setahun di sana, aku mendapat kesempatan untuk melanjutkan studiku di luar negeri karena prestasiku. Sekali lagi, tak pernah aku menyangkanya. Aku masih ingat kata-kata mama,"Alhamdulillah da, akhirnya doa-doa mama terkabulkan" *makasih ma :)*. Kuliah di London...wow sampai saat ini aku masih merinding mendengarkan kata-katanya. London, kota impianku sejak aku kecil. Kesempatan untuk melanjutkan studi di luar negeri tak kan aku biarkan begitu saja meski sangat berat karena aku harus meninggalkan orang tuaku selama dua tahun. Maklum saja, aku anak tunggal yang tak pernah jauh dari orang tuaku. Ingin aku mengajak kedua orang tuaku untuk tinggal di sini tapi itu tak mungkin karena aku harus menanggung sendiri biaya hidup orang tuaku. Padahal hidup di sini sangat mahal sekali. Teringat pelukan mereka untuk terakhirnya saat mengantarku di airport. Perlahan air mataku menetes. Aku seka airmataku sambil melihat ke arah dapur kafe itu, pesananku belum juga diantar.

Dengan bosan, aku lirik window explorerku, ada folder "Teman Kuliah". Hatiku jadi bergetar. Aku teringat sebuah memori empat tahun lalu. Memori yang mungkin tak akan aku lupakan. Memori tentang seseorang yang berarti bagiku. Aku buka folder itu dan ku lihat fotonya. Foto seseorang yang aku cintai untuk pertama kalinya. Tak banyak memang kenangan yang ada diantara kita berdua. Lagi-lagi mataku berkaca-kaca. Sudah dua tahun ini aku tak betemu dengannya setelah lulus kuliah apalagi mendengar kabarnya. Aku pun tak tahu dimana ia sekarang. Ingin sekali aku bertemu dengannya dan bercerita banyak hal atau mengarkan pengalamannya seperti dulu. Tapi rasanya tak mungkin lagi. Kita terpisah berpuluh ribu kilometer jauhnya. Aku melihat keluar jendela. Terlihat London di malam hari. Arsitektur bangunannya, saljunya yang mulai meleleh, penataan lampunya, semua terlihat sangat anggun sekali. Meski waktu sudah menunjukkan jam sembilan waktu setempat, orang-orang masih berlalu lalang. Kota ini memang gak ada matinya. Ah andai saja kamu di sini bersamaku dan mewujudkan cita-cita yang pernah kita bicarakan bersama. Yang tersisa darinya hanya sebuah janji, dua tahun lagi bertemu. Aku pun tak tahu bertemu dimana. Yah aku hanya bisa percaya kalau jodoh tak akan lari kemana. Entah sampai kapan aku akan terus begini. Begitu banyak rekan kerjaku yang mendekatiku tapi aku tak pernah bisa mengganti posisinya dengan siapapun. Bagiku cinta itu datang hanya sekali. Aku pun tersenyum getir. Ternyata berada berpuluh ribu kilometer darinya tak membuatku lupa padanya. Tiba-tiba pelayan menyadarkanku akan lamunanku. Semangkok soto Lamongan dan segelas es sinom siap untk disantap. Segera aku berdoa, kemudian tersenyum dan mengajak makan mereka seolah-olah ketiga orang yang aku cintai, mama, papa dan dia ada didepanku. Ah semoga suatu saat bisa seperti itu. Dengan lahap aku makan soto yang masih panas. Sesekali aku melihat laptop untuk membuka email dari teman-temanku. Setelah selesai makan, aku buka facebookku yang lama tak ku buka karena kesibukanku sekalian aku buka wallnya untuk mengetahui keadaannya. Tak banyak informasi yang ku dapatkan selain ia juga bekerja di salah satu perusahaan minyak milik negara karena ia juga jarang mengupdate facebooknya.


Tak terasa sudah 1 jam lamanya aku di sini. Tiba-tiba handphoneku berbunyi, tertulis namanya di homescreen hpku. Rasanya waktu terhenti saat itu juga. Aku tak percaya, aku lihat lagi dan tersadar ternyata hanyalah bunyi alarm hpku. Dan aku terbangun. Loh, aku kok bisa ada disini? Kulihat sekelilingku hanyalah kamar kos-kosan yang sangat kecil. Aku lihat hpku. Jam 5 pagi. Lama aku bengong... Ya ampyuuuun ternyata semua itu cuma mimpi??? Ckckck...Dengan malasnya aku bergegas ke kamar mandi lalu bersiap-siap. Aku harus kerja praktek hari ini. Hari ini hari pertama aku kerja praktek, so aku tak mau telat datang ke sana. Dan untuk mimpi tadi...semoga suatu saat bisa terkabulkan dengan keadaan yang lebih baik lagi... Amien :)


NB: this is just a fiction...really fiction. If any same word or happening or scene, it's just an incidental

Selasa, 10 Mei 2011

"Lirih gemercik hujan
Seiring hembusan angin

membelaiku
menyapa sepiku
dan hanyutkan rasa ini

kau tinggalkan aku
sementara ku menggilaimu
inginkan segudang cintamu
sampai mati
desah akhir nafasku

* usah kau tangisi
biar ku sendiri
nikmati pedihnya luka
tanpamu di pelukanku

hancur hati ini
tak terbayang kan
kau gadaikan cintamu padanya
semestinya kumiliki
nikmat anugerah Illahi

repeat *

** sungguh ku tak mampu
menepis bayangmu
dan aku hanya bisa
mencintaimu"

Ah...lagu ini pas banget didengerin pas hati ini lagi galau, sendirian...dan hanya ditemani gemercik hujan
Sore itu hujan rintik membasahi kampusku, membatalkan niatku untuk pulang
sejenak aku duduk di koridor lab bahasa yang selalu sepi ketika sore
menjauh dari keramaian, kejenuhan kampus dan praktikum

duduk disini sendiri
mengingatkan aku akan memori dahulu ditempat yang sama aku duduk

dulu....awal dari semua ini
entah apa jadinya jika tak ada hari itu
akankah sehampa ini atau....
entah bagaimana

pikiranku melayang
satu per satu frame datang bergantian
bersama lagu ini...
seiring alunannya..
sungguh mengingatkanku kepadanya
hal yang mungkin akan sangat susah untuk kembali lagi

Setiap teringat akan hal ini
aku hanya bisa terdiam
tak tahu apalagi yang bisa diucapkan
karena semua ungkapan pertanyaan
hanyalah pertanyaan retoris saja...

biarkanlah semua mengalir
seperti alunan lagu ini...
*speechless...


#It's just a poem
#It's just a fiction

Minggu, 08 Mei 2011

17 April 2011

Siang hari itu terasa sinar matahari menyapa kulitku dengan sunguh-sungguh

aku duduk di depan gerbang Kenpark sambil menanti jemputan seorang lelaki pertama dalam hidupku (ayah,red)

sembari menanti, anganku ikut melayang bersama debu yang beterbangan di siang hari itu

tak terasa usai sudah dua hari yang cukup melelahkan tapi cukup bermakna bagiku

Yap PKMM mangrove mengajariku banyak hal

dari cara untuk bersabar menghadapi sikon yang tak cukup mengenakkan hingga cara bersepeda motor yang baik

dari kehujanan hingga hampir kecelakaan

entahlah semua kenangan berharga ini tak bisa kusebutkan satu-satu

mungkin semuanya terasa biasa bagi orang lain tapi bagiku semua hal ini sangat langka

memoriku membawaku kembali setahun yang lalu ketika aku menghadiri CEDO

saat itu aku melihat seorang temanku (sebut saja namanya cahaya ---> u know who hehe), ia berdiri di depan penduduk untuk mensosialisasikan briket dari eceng gondok

tiba-tiba saja suara hatiku berkata, "Hmm...kapan ya aku bisa seperti dia,berdiri di sana, menjelaskan sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain"

melihat semua panitia yang sedang sibuk dengan acara CEDO, aku berkata pada diriku sendiri,"Ya Allah suatu saat aku ingin seperti mereka, tapi apakah aku bisa dengan keterbatasanku ini?"

entahlah kata-kata itu meluncur begitu saja dari dalam hatiku

selain itu aku pun kenal dengan seseorang yang masuk PIMNAS yang sedikit banyak telah menginspirasiku

ckckck...pasti enak banget ya bisa jalan-jalan gratis hehe

sekarang tepat 1 tahun telah berlalu

aku tak pernah menyangka rintihan hatiku sedikit demi sedikit telah terwujud

aku tak pernah bermimpi untuk menggeluti PKM apalagi didanai seperti sekarang

sekali lagi mungkin bagi banyak orang, hal ini sangat biasa....namun tak begitu bagiku

semua momen akan terasa berbeda bagi orang yang jarang bisa melakukannya

semua kegiatan ini terasa sangat menyenangkan

naik sepeda motor kemana-mana, pulang malam, hujan-hujanan, rapat, arrange kegiatan selanjutnya, estimasi dana, berhubungan dengan birokrasi, beli-beli kebutuhan acara, survey, kenalan dengan anak-anak kecil, renang gratis, luluran dengan lumpur, foto-foto narsis sampai jerit-jerit gara-gara ular

wuah aku selalu berterima kasih karena aku belum pernah merasakan ini sebelumnya...

sehingga membuatku menghargai tiap momen-momen yang langka dalam hidupku

apalagi setelah mengikuti pelatihan BISMA

aku sangat ingin merasakan apa yang belum pernah aku rasakan sebelumnya

aku sangat ingin melakukan apa yang belum pernah aku lakukan sebelumnya

aku ingin tahun-tahun akhir di kampus terasa lebih bermakna

meski aku tak tahu bagaimana caranya

meski aku harus sedikit "nakal" kepada orang tuaku (maafkan aku)

aku ingin mewujudkan apa yang aku pendam selama ini

banyak orang berlalu lalang dihadapanku

aku bertanya sendiri dalam hati...kemana sih tujuan mereka? kemana sih tujuanku?

aku melihat diriku sendiri...ternyata aku bukan anak kecil lagi

banyak tanggung jawab yang sudah seharusnya aku pikul

sudah seharusnya aku merasakan keras dan nikmatnya dunia ini

meski aku bukan anak kecil lagi, aku takkan pernah merelakan sifat childish meninggalkanku (hehe..)

Hmm...sengatan matahari menyadarkan aku

lelaki yang selama ini mendampingiku telah datang menjemputku

ternyata pikiranku telah mengajakku berlari kesana kemari

aku tersenyum kecil..

hei Hilda...this is not the end...there's a lot things to do

well...setelah PKMM telah berjalan sukses,sekarang waktunya buat controlling n mentoring

so keep the spirit yak mangrove crew ^^d

semoga semuanya berjalan sukses

dan kita bisa menjejakkan kaki di pulau seberang :)

*maaf ya banyak curcol ^^v

*thanks a lot for all mangrove crew

Rabu, 09 Februari 2011

Pengumuman BISMA

Wuah gileeee udah lama banget nih kagak nulis blog. Sampe' banyak pelanggan yang komplain kenapa gak nulis artikel baru lagi. Hehe sorry yak bukan maksud ninggalin sih tapi biasalah namanya juga orang sibuk (sibuk tidur :P)
---->ini nih salah satu contoh MBA (Manusia Banyak Alasan, red)

Emang nih udah lama banget nggak nulis. Posting terakhir kira-kira 1 semester yang lalu. Padahal buanyaaaak banget nih yang pengen ditulisin...yah tau sendiri kan gara-gara ambil banyak sks jadinya tugas-tugas dari sang dosen bejibun banyaknye. Kamar udah kayak kapal pecah aja. Di sana sini banyak baceman *uuuuuppppssss...sorry* n tugas.
---->lagi-lagi MBA --"

Setelah kuping meleleh akibat banyak komplain dari customer *sok-sokan haha* akhirnya aku putusin buat bercerita lagi about my journey....

Well, aku pengen cerita tentang beasiswaku (BISMA--> Beasiswa Indofood Sukses Makmur). Semeter kemarin (semester 5 tepatnya) aku lagi nunggu-nunggu pengumuman beasiswaku. Yah awalnya aku gak terlalu mengharapkannya soalnya abis tau rival-rivalnya pas tahap wawancara. Tapi depth inside surely I want it so much. Yapz mendapatkan beasiswa pelatihan adalah salah satu keinginanku dari dulu. Memang sih ketrima beasiswa KSE lumayang mengobati kegagalanku mendapatkan beasiswa dari GE, tapi it's better to get another, right? hehe

Sebenernya BISMA itu merupakan salah satu beasiswa di dalam beasiswa KSE. bingung gak?
Untuk lulus tahap pertama (wawancara, red) yang diseleksi cuma prestasi akademik n non akademik doank. Dari 150 penerima KSE cuma diambil 75 applicant. Wawancara dilakukan langsung oleh perwakilan dari Indofood.

Alhamdulillah aku lolos tahap pertama. Setelah menanti jadwal wawancara....tibalah saat-saat wawancara itu. Sumprit aku deg-degan banget pas sesi wawancara. Secara this is my first time interview for scholarship.... Apalagi aku dapet 2 viewer. Setelah melewatinya ternyata tak seseram yang dibayangin. Yang ada aku malah curhat ma orangnya... dan sekarang malah lumayan kenal ma orang-orang itu yang ternyata para petinggi di Indofood... *yeaah lumayanlah buat link ^^*

*4 bulan kemudian setelah wawancara*
Busyet dah lama banget tuh pengumumannya. Hopeless banget jadinya....
Dan ketika aku mau belajar buat UAS *besok UAS nih ceritanya* tiba-tiba HPku berdering. Eh ada jarkom dari kaptenku, mas Fadil, isinya tentang jarkom pengumuman BISMA. Hiaaa my heart beat faster *lebay mode on*. Langsung dah ninggalin buku, buka inet n download pengumumannya dimilist. Pas itu serasa ada yang berbisik,"Aduh ngapain sih semangat banget...udah pasti kamu gak ketrima" but in another side saying,"Ayoooo cepetan liat sapa tau aja ada keajaiban jadi namamu ada disana"

~Saat-saat buka file~
*Take a deep breath*
*Liat satu-satu..... n eng ing eng.....
Sempet kagak percaya jua ada namaku nampang disitu..Thanks GOD!!!
Makasih udah ngewujudin resolusiku
Langsung deh ngomong ke mami papi yang kebetulan ada di sampingku
*Thanks juga buat mami papi yang udah doain aku :))
Wuah seneng banget liat wajah mereka yang sumringah gitu...
*Semoga aku selalu bisa membuat wajah mereka tersenyum*

Wah rasanya seneng banget...ampe belajar pun jadi lebih giat *tapi pikirannya tetep di BISMA haha*